10 Pengusaha Sukses di Indonesia

10 Pengusaha Sukses di Indonesia 2024

  • 11 September 2024
  • 16 menit baca
  • Read Icon 17031 baca

Saat ini, Indonesia memiliki banyak pengusaha muda yang berhasil menjalankan bisnis sukses. Pengusaha-pengusaha muda tersebut bergelut dalam berbagai bidang usaha, mulai dari startup kuliner, kosmetik, pakaian, keuangan, dan hingga teknologi. 

Apalagi perusahaan startup di Indonesia banyak yang berkontribusi dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru dan perekonomian Indonesia. Padahal hampir semua bisnis tersebut dimulai dari nol.

Tekad, pantang menyerah, dan kerja keras menjadi salah satu faktor yang membuat pengusaha tersebut mencapai kesuksesan. Bahkan beberapa berhasil membuat perusahaannya menjadi perusahaan bergelar unicorn di Indonesia.

Di artikel ini, kami merangkum latar belakang dan cerita sukses 10 pengusaha muda sukses Indonesia dalam mencapai kesuksesan seperti sekarang agar menjadi inspirasi untuk kita semua.

Daftar pengusaha muda sukses yang ditampilkan di artikel ini disusun berdasarkan urutan abjad.

PengusahaProfil
Achmad Zaky  Achmad Zaky 
Alamanda Shantika   
Edward Tirtanata   
Felicya Angelista   
Ferry Unardi   
Jehian Panangian Sijabat   
Muhammad Alfatih Timur   
Shinta Nurfauzia   
Tirta Mandira Hudhi
William Tanuwijaya 

Achmad Zaky

Achmad Zaky

Achmad Zaky adalah mantan Direktur dan Pendiri Bukalapak, salah satu perusahaan e-commerce terkemuka di Indonesia.

Zaky memulai perjalanan kewirausahaannya di bangku kuliah dimana ia mengerjakan software perhitungan cepat pemilu untuk stasiun TV ketika ia masih kuliah di ITB. Ia juga pernah membuka usaha kuliner mie ayam dari uang hasil menang lomba sewaktu kuliah. Sayangnya, bisnisnya bangkrut.

Setelah lulus dari ITB, Zaky merintis perusahaan konsultasi bernama Suitmedia. Pada tahun 2010, ia pun mendirikan Bukalapak bersama dua teman baiknya.

Meskipun sudah pensiun dari Bukalapak, Zaky masih aktif berkecimpung di dunia startup dengan mendirikan Modal Ventura bernama Init-6 untuk mendanai startup-startup baru.

Instagram: @achmadzaky

Alamanda Shantika

Profil pengusaha muda selanjutnya adalah Alamanda Shantika. Alamanda adalah CEO dan pendiri Binar Academy, sekolah coding online. Alamanda telah mengenal dunia coding sejak berumur 14 tahun, dimana ia menggunakan teknik coding untuk menampilkan warna dan bentuk di blog pribadinya.

Sebelum mendirikan Binar Academy, ia pernah bekerja sebagai Vice President of Product Gojek, Head Product Development Engineering di Kartuku, dan Product Design and Engineering Lead di Berrybenka, Chief Activist di FemaleDev, dan Program and Curriculum Advisor di Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.

Pengalamannya bertahun-tahun bekerja di berbagai startup digital yang mendorongnya untuk mendirikan Binar Academy pada tahun 2017 untuk menyediakan talenta digital yang berkualitas. Di saat yang sama, Alamanda juga menduduki posisi Komisaris Independen di Mandiri Capital dan Blue Bird.

Instagram: @alamandas

Edward Tirtanata

Sosok pengusaha muda berikutnya adalah Edward Tirtanata. Edward adalah CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan, gerai kopi kekinian yang terkenal di Indonesia.

Pria lulusan Northeastern University ini memulai perjalanan bisnisnya dengan membuka gerai teh Bernama Lewis & Carroll Tea bersama rekannya James Prananto.

Ia awalnya membidik pasar teh premium karena menganggap kopi sudah memiliki banyak pemain. Harga tehnya dibanderol dengan harga Rp40,000 sampai Rp60,000. Sayangnya, bisnisnya tidak berjalan dengan gagal.

Dari kegagalannya tersebut, ia pun memutuskan membuat usaha kedai kopi dengan harga terjangkau agar bisa menjangkau pasar lebih luas.

Saat ini, gerai Kopi Kenangan telah mencapai 878 outlet yang tersebar di 64 kota di Indonesia dan telah mencapai valuasi hingga lebih dari $1 miliar. Tidak heran, startup kuliner ini meraih predikat unicorn di Indonesia.

Instagram: @etirtanata

Felicya Angelista

Felicya Angelista adalah seorang aktris, penyanyi, dan pengusaha Indonesia. Felicya memulai kariernya sebagai seorang aktris pada usia dini dengan membintangi beberapa sinetron populer seperti Oh Ternyata, Ibrahim Anak Betawi, dan masih banyak lagi.

Pada tahun 2017, Felicya meluncurkan produk Feli Skin yang merupakan brand masker wajah dalam bentuk paket. Seiring produknya diminati masyarakat, ia pun meluncurkan berbagai produk Scarlett Whitening.

Adapun beberapa produk andalannya yang laris dipasaran, antara lain Scarlett Body Lotion, Scarlett Serum, dan Scarlett Shower Scrub.

Produknya yang sangat laku di platform e-commerce membuatnya berhasil mencapai nilai transaksi sebesar 36 ribu atau setara dengan nominal Rp2,6 miliar setiap tahun.

Instagram: @felicyangelista_

Ferry Unardi

Pengusaha selanjutnya adalah Ferry Unardi. Ferry adalah CEO dan Co-Founder dari Traveloka.  

Traveloka merupakan salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat, hotel, dan kereta api kepada pelanggannya.

Ferry mengenyam pendidikan di Universitas Harvard dengan beasiswa karena kecerdasannya. Ketika kuliah di Harvard, ia juga melakukan bisnis kecil jual beli dan agen tiket pesawat di Amerika Serikat.

Sebelum merintis Traveloka, Ferry terlebih dahulu bekerja sebagai Software Engineer di Microsoft. Pengalaman kerja di Microsoft Amerika dan pengalaman menjual tiket pesawat di Amerika yang mendorongnya untuk mendirikan Traveloka.  

Saat ini, Traveloka juga menjadi salah satu perusahaan startup yang mendapatkan gelar unicorn dan memiliki valuasi mencapai $3 miliar.

LinkedIn: @ferry-unardi-1306344a

Atur Keuangan Pribadi Anda dengan Financer

Financer membantu Anda membuat keputusan keuangan yang lebih baik dan membantu keuangan pribadi Anda.

Misalnya, Anda ingin memulai investasi? Kami dapat merekomendasikan platform investasi terbaik dan membaca panduan untuk memulai investasi.

Kami juga membandingkan berbagai layanan keuangan dari investasi ke kartu kredit dan pinjaman. Lihat perbandingan paling populer di sini:

Layanan Financer 100% gratis dan Anda dapat membandingkan berbagai produk keuangan terbaik tanpa harus mendaftar atau memberikan informasi data pribadi.

Jehian Panangian Sijabat

Jehian Panangian Sijabat atau yang dikenal dengan sebutan Bang Ian ini adalah saudara kandung Youtuber terkenal Jerome Polin. Jehian adalah CEO dan juga Founder dari Mantappu Corp, sebuah talent manajemen YouTuber dan influencer terkenal di Indonesia dan luar negeri.

Sebelum merintis Mantappu Corp, Ian bekerja sebagai project lead di MyTV milik Mayapada Group. Namun, pekerjaan tersebut ditinggalkannya dan memilih untuk merintis bisnis sendiri. 

Setelah berhasil dengan bisnis Mantappu Corp, Ian bersama Jerome membuka bisnis franchise usaha minuman teh bernama Menantea pada tahun 2021. Kini bisnis franchise tehnya telah memiliki 141 toko. Omset yang dihasilkan dari setiap outletnya berkisar Rp35 juta sampai Rp49 juta per bulannya.

Instagram: @jehianps

Muhammad Alfatih Timur

Muhammad Alfatih Timur adalah pengusaha muda yang merupakan CEO dan Co-Founder dari Kitabisa.com, sebuah platform crowdfunding terkemuka di Indonesia.

Kitabisa.com merupakan salah satu platform crowdfunding terbesar di Indonesia yang membantu individu dan organisasi dalam mengumpulkan dana untuk proyek-proyek sosial dan kemanusiaan.

Alfatih Timur terlebih dahulu bekerja sebagai asisten CEO di Rumah Perubahan milik Rhenald Kasali di Rumah Perubahan. Setahun kemudian, Alfatih mengajak rekan-rekannya yang juga bekerja di bawah bimbingan Rhenald Kasali.

Meskipun cuma lulusan dalam negeri, namun Alfatih sukses meraih berbagai penghargaan internasional berkat kesuksesannya dengan Kitabisa.com.

Instagram: @alfatihtimur

Shinta Nurfauzia

Tokoh wirausahawan suksel lainnya adalah Shinta Nurfauzia. Shinta adalah CEO dan Pendiri dari startup produk makanan sehat dan bergizi Lemonilo.

Meskipun lulusan hukum Harvard, namun Shinta berhasil menjadi salah satu entrepreneur muda Indonesia yang sukses di bidang produk makanan sehat.

Pada tahun 2015, bersama dua temannya, ia mendirikan startup kesehatan bernama Konsula. Namun, seiring waktu berubah menjadi startup makanan sehat bernama Lemonilo.

Shinta memulai Lemonilo dengan memproduksi dan menjual mie instan sehat. Seiring waktu, produk yang diluncurkan Lemonilo pun bervariasi, mulai dari bahan makanan, minuman, dan hingga produk perawatan kulit.

Semua produk Lemonilo dijual di platform digitalnya sendiri dan memiliki lebih dari 100,000 titik penjualan di seluruh wilayah Indonesia. Tidak heran, valuasi Lemonilo telah mencapai sekitar $300 juta atau setara Rp4,3 triliun.

Instagram: @snurfauzia

Tirta Mandira Hudhi

Profil inspiratif pengusaha muda berikutnya adalah Tirta Mandira Hudhi atau akrab disebut dokter Tirta. Tirta adalah berprofesi sebagai dokter, influencer, brand ambassador, dan pengusaha.

Ketika duduk di bangku kuliah kedokteran UGM, ia mendirikan bisnis jasa pencucian sepatu bernama Shoes&Care karena sering membersihkan sepatu-sepatu dagangannya.

Dari modal usaha awal Rp400,000 saja, dr. Tirta berhasil mengembangkan bisnisnya dengan membuka cabang Shoes&Care di banyak kota. Bahkan ia berhasil membuka cabang di Singapura.

Meskipun sukses dengan bisnis jasa pencucian sepatu tetapi dr. Tirta tidak berpuas diri dengan pencapaiannya.

Kini, dr. Tirta juga menjadi Youtuber terkenal dan menjadi brand ambassador dari banyak bisnis lainnya. Tidak heran, dr.Tirta menjadi salah satu pengusaha muda terkaya di Indonesia.

Instagram: @dr.tirta

William Tanuwijaya

Hari gini siapa yang tidak kenal Tokopedia. Marketplace terbesar di Indonesia ini rupanya didirikan oleh anak bangsa, yaitu William Tanuwijaya.

William Tanuwijaya adalah co-founder dan CEO dari perusahaan e-commerce Tokopedia. Sebelum memulai bisnisnya, William bekerja sebagai penjaga warnet agar tetap dapat kuliah di Jakarta. Kecintaanya pada dunia internet inilah yang membawanya mendirikan marketplace terbesar di Indonesia.

Kini, Tokopedia menjadi salah satu perusahaan digital berstatus unicorn dan memiliki valuasi lebih dari $1 miliar.

Instagram: @liamtanu

Mengapa Pengusaha Muda Di Atas Lebih Menonjol?

Kami membuat 10 daftar pengusaha sukses di Indonesia 2024 berdasarkan kepemimpinan, prestasi, dan reputasi yang telah diraih.

Tokoh pengusaha muda yang dimasukkan ke dalam daftar Financer.id memiliki banyak pengalaman sesuai bidang bisnis yang mereka geluti.

Mereka sering tampil dalam media ternama di Indonesia dan internasional, dan telah memenangkan banyak penghargaan.

Siapa pengusaha sukses favorit Anda dan paling menginspirasi dalam daftar ini? Mengapa? Bagikan opini dan penilaian Anda di kolom komentar bawah.

Dimana Investasi Yang Menguntungkan?

Berikut beberapa rekomendasi platform investasi teregulasi dan terpercaya:

BrokerMinimum DepositSpreadLeverageBiaya Penarikan DanaPlatform Trading  Regulasi
#1Logo Exness$100.1 pips1:2000Tidak adaAplikasi Exness, MT4, dan MT5  CBCS, CySEC, FCA, FSA, FSC, FSCA, CMABuat Akun
#2Logo fxpro$500 pips1:300Tidak adaFxPro Edge, MT4, MT5, dan cTrader.CySEC, FSCA, FCA, dan SCBBuat Akun
#3Logo Octafx$250.6 pips1:1000Tidak adaAplikasi OctaTrader, MT4, dan MT5CySEC, FSCA, dan MISABuat Akun
#4 Logo FBS Terbaru $50.7 pips1:3000Tidak adaAplikasi FBS trader, MT4 dan MT5ASIC, CySEC, IFCA, FSCABuat Akun
#5Logo XM Global$50.6 pips1:1000Tidak adaAplikasi XM, MT4, dan MT5  FSC, CySec, ASIC, FCA, DFSABuat Akun
#6Logo markets.com$200.1 pips1:300Tidak adaAplikasi Markets.com, MT4, MT5, dan Webtrader  ASIC, CySEC, FSCA, FCA, FSA, dan FSC GlobalBuat Akun
#7MIFXRp500,0000.2 pips1:100Tidak adaAplikasi MIFX, MT4, dan MT5BAPPEBTIBuat Akun
#8Logo FXGT.com$50 pips1:1000Tidak adaMT4, MT5, dan WebtraderFSCA, FSA, VFSC, dan CySEC untuk trader institusionalBuat Akun
#9HSB$2001.4 pips1:200Tidak adaAplikasi HSB Investasi dan MT5BAPPEBTIBuat Akun
#10Logo Mitrade - Financer.com$500.04 pips1:200Tidak adaAplikasi MitradeASIC dan CIMABuat Akun

Demikian informasi seputar Pengusaha Sukses di Indonesia 2024. Jika Anda ingin investasi forex, saham, kripto, dan lainnya, Anda bisa buka akun broker terlebih dahulu.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu?

Jadilah yang pertama memberi penilaian

Penulis Mentari Rahman

Mentari Rahman adalah Country Manager Financer Indonesia sejak 2018, dan memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di sektor keuangan. Selama karirnya, ia telah menulis lebih dari 200 artikel seputar keuangan, meliputi pinjaman, investasi, dan keuangan pribadi.

Bagikan di
Read Icon 17031 baca

Jelajahi topik kami

Dengan menggunakan Financer.com, Anda telah berdonasi ke badan amal internasional.  Pelajari lebih lanjut

Kami menggunakan cookie untuk menawarkan Anda pengalaman terbaik. Dengan menggunakan situs web kami, Anda menerima semua cookie kami dan kebijakan privasi kami. Anda juga dapat mempelajari lebih lanjut.