Podcast Keuangan

Podcast Keuangan Terbaik 2024

  • 11 September 2024
  • 15 menit baca
  • Read Icon 549 baca

Belajar tentang keuangan bisa dari siapa saja dan di mana saja, salah satunya adalah dengan mendengarkan podcast.

Podcast adalah rekaman audio yang bisa didengarkan dari smartphone atau gadget Anda sambil melakukan aktivitas sehari-hari Anda.

Saat ini, podcast telah menjadi konten audio yang banyak digemari oleh masyarakat, khususnya anak muda.

Di artikel ini, kami akan menampilkan 10 Podcast Keuangan Terbaik di Indonesia yang dapat Anda temukan di Spotify, Apple Podcast, atau Youtube.

Daftar Podcast Keuangan Terbaik 2024

Berikut 10 daftar podcast keuangan terbaik 2024 yang kami telah rangkum dari berbagai topik keuangan, mulai dari cara investasi, cara mengatur keuangan, cara melunasi utang pinjaman, dan cara menciptakan kemandirian finansial.

Berikut rekomendasi podcast spotify yang ditampilkan di artikel ini disusun berdasarkan urutan abjad.

1. CUAN – Cari Untung Bareng Teman

CUAN Podcast

CUAN atau singkatan dari Cari Untung Bareng Teman adalah podcast yang membahas perihal keuangan dan bisnis. Podcast yang didirikan oleh KG Radio Network, Motion FM, dan Medio by KG Media ini juga lumayan banyak didengarkan oleh anak muda di Spotify.

Podcast ini juga aktif mengundang mengundang narasumber yang ahli di bidang keuangan, mulai dari perencana keuangan sampai investor agar masyarakat bisa memahami lebih banyak perihal keuangan dan bisnis,

Durasi podcast ini juga cukup singkat mulai dari 1-20 menit saja. Jika Anda pengguna spotify atau Apple Podcast, Anda bisa mendengarkan CUAN di sini.

2. Cuap Cuap Cuan – CNBC Indonesia

Cuap cuan cuan

Cuap cuap cuan adalah podcast yang dirilis oleh CNBC Indonesia untuk mengedukasi masyarakat Indonesia tentang dunia keuangan, bisnis, dan investasi dengan cara yang menyenangkan.

Podcast yang dibawakan oleh Maria Katarina ini merilis episode baru setiap harinya yang dapat didengarkan langsung dari Apple Podcast, Spotify, Google Podcast, dan Anchor.

Cuap cuap cuan telah merilis 118 episode podcast dengan rata-rata durasi sekitar 10-30 menit. Podcast ini juga aktif mengundang narasumber dari figure-figur penting di keuangan Indonesia, mulai dari ahli keuangan, pengusaha, hingga selebriti.

Cek dan dengarkan Cuap Cuap Cuan di sini!

3. Felicia Tjiasaka Podcast

Felicia Tjiasaka Podcast

Felicia Putri Tijasaka adalah salah satu influencer keuangan terkenal di Indonesia yang fokus membagikan pengalaman dan ilmunya seputar investasi. Awalnya, ia membagikan pengalaman investasinya lewat Youtube, kemudian merambah ke podcast.

Dalam podcastnya, Felicia tidak hanya membahas tentang investasi tetapi juga topik keuangan secara umum. Felicia juga mengundang ahli keuangan dengan maksud untuk mengedukasi dan menginspirasi pendengarnya agar membuat keputusan keuangan lebih baik ke depannya.

Saat ini, dia telah merilis 125 episode podcast, baik di Spotify atau Apple Music dengan rata-rata durasi sekitar 10-15 menit saja.

Cek dan dengarkan Felicia Tjiasaka Podcast di sini!

4. Fintalk Podcast – Finansialku

Fintalk Podcast - Finansialku

Startup teknologi Finansialku juga merilis podcast yang Bernama Fintalk yang bisa didengarkan dari Spotify, Apple Music, Google Podcast, Anchor, dan Aplikasi Finansialku.

Kelebihan Fintalk adalah materi yang disampaikan langsung dari perencana keuangan resmi yang tersertifikasi sebagai CFP dan host podcastnya adalah CEO dan Founder Finansialku, yaitu Melvin Mumpuni.

Topik dan tema keuangan yang dibahas juga lumayan beragam, mulai dari investasi, cara mengatur gaji, cara berhemat, cara mempersiapkan dana pendidikan anak, dan masih banyak lagi.

Saat ini, sudah ada sekitar 159 episode yang telah dirilis dengan durasi sekitar 30 menit sampai 1 jam. Fintalk juga sering menghadirkan narasumber yang juga profesional keuangan di Indonesia.

Cek dan dengarkan Fintalk di sini!

5. Finfolk Podcash

Finfolk Podcash

Finfolk Podcash adalah podcast dari perusahaan startup Finfolk Network yang fokus menampilkan konten seputar industri keuangan Indonesia.

Kelebihan dari Finfolk Podcash adalah setiap minggu ada 2 episode dirilis. Selain itu, setiap minggunya ada narasumber yang ahli di bidang keuangan yang diundang dalam podcast ini.

Durasi podcast Finfolk sekitar 10-30 menit dan dapat didengarkan di berbagai channel, seperti Spotify, Apple Podcast, Podtail, dan Podchaser.

Cek dan dengarkan Finfolk Podcash di sini!

Atur Keuangan Pribadi Anda dengan Financer

Financer membantu Anda membuat keputusan keuangan yang lebih baik dan membantu keuangan pribadi Anda.

Misalnya, Anda ingin memulai investasi? Kami dapat merekomendasikan platform investasi terbaik dan membaca panduan untuk memulai investasi.

Kami juga membandingkan berbagai layanan keuangan dari investasi ke kartu kredit dan pinjaman. Lihat perbandingan paling populer di sini:

Layanan Financer 100% gratis dan Anda dapat membandingkan berbagai produk keuangan terbaik tanpa harus mendaftar atau memberikan informasi data pribadi.

6. Investor Cerdas

Investor Cerdas

Investor cerdas adalah podcast yang dibuat oleh startup pendidikan investasi, yaitu bolasalju.com. Dalam podcastnya, topik-topik yang dibicarakan sangat luas, mulai dari investasi saham, obligasi, hingga reksadana.

Podcast ini juga aktif mengundang narasumber berpengalaman dan hebat di dunia investasi untuk berbagi pengalaman dan ilmunya.

Investor Cerdas dapat didengarkan lewat Apple dan Spotify. Durasi podcastnya juga berkisar antara 20-30 menit. Jadi, bagi Anda yang ingin menjadi investor pintar, bisa mendengarkan Investor Cerdas di sini.

7. Podcast Diskartes

Podcast Diskartes

Podcast keuangan lainnya adalah Podcast Diskartes yang dibentuk oleh Andhika Diskartes. Dengan mengusung tagline “Pod for Profit”, Andhika aktif memberikan tips dan trik seputar investasi, financial plan, asuransi, dan bisnis.  

Dengan pengalaman investasi selama 12 tahun, Andhika aktif membagikan ilmu dan pengalamannya tidak hanya lewat podcast tetapi juga lewat blog, Youtube dan Instagram.

Dalam podcastnya, ia aktif membahas serba serbi investasi dan keuangan, khususnya untuk investor pemula. Beberapa tema yang pernah dibahas, antara lain bagaimana agar tidak panik saat saham turun, saham blue chip, ngobrolin uang bareng pasangan, dan masih banyak lagi.

Dengan durasi audio yang cukup singkat sekitar 8-15 menit, podcast ini cocok untuk didengarkan jika Anda tidak ingin menghemat waktu. Podcast ini juga gratis untuk didengarkan di Spotify dan Apple Podcast.

Cek dan dengarkan Podcast Diskartes di sini!

8. Podcast Stockbit

Podcast Stockbit

Anda mungkin pernah mendengar nama Stockbit. Ya, Stockbit adalah broker untuk jual beli saham. Perusahaan ini membuat Podcast Stockbit untuk mengedukasi nasabah dan masyarakat Indonesia lainnya.

Jika Anda termasuk orang baru dalam dunia saham, Anda bisa mendengarkan podcast Stockbit ini karena Anda bisa mendapatkan informasi lengkap seputar perjalanan menjadi full time investor, cara mengukur margin of safety, investing vs trading, dan lainnya.

Durasi podcastnya pun juga terbilang singkat sekitar 20-30 menit, sehingga podcast ini cocok bagi Anda yang ingin menambah pengetahuan sambil melakukan aktivitas sehari-hari.

Cek dan dengarkan Podcast Stockbit di sini.

9. Saham Daily

Saham Daily

Seperti namanya, Saham Daily adalah podcast yang membahas tentang saham secara ringan. Dalam podcastnya, channel ini rajin berbagi informasi seputar kondisi pasar dan fenomena saham terbaru.

Pada beberapa episode, podcast ini membahas tentang emiten saham hingga performa emiten tersebut. Jadi, jika Anda ingin menambah pengetahuan seputar saham, kanal ini bisa menjadi rujukan bagi Anda.

Durasi kontennya pun juga singkat sekitar 5-30 menit. Saham Daily juga rajin mengundang narasumber yang berpengalaman di bidang investasi saham. Saham Daily bisa Anda akses dan dengarkan, baik di Spotify atau Apple Podcast.

10. Thirty Days of Lunch

Thirty days of lunch

Thirty Days of Lunch adalah podcast yang dibentuk oleh Fellexandro Ruby dan Ario Pratomo.

Konsep podcast ini mengusung obrolan santai setelah jamuan makan siang dengan menggabungkan topik pembicaraan finansial dengan lifestyle dan karir.

Tidak heran podcast ini berhasil menarik pendengar millenial berusia 20 – 30 tahunan ke atas. 

Thirty Days of Lunch juga aktif mengundang narasumber ternama, seperti Gary Vee, Najwa Shihab, Achmad Zaky (pendiri Bukalapak), Maudy Ayunda, dan masih banyak lagi.

Durasi podcast ini juga terbilang cukup lama sekitar 1 jam. Jadi, apabila Anda punya waktu senggang pada jam makan siang, Thirty Days of Lunch bisa menjadi sarana hiburan sambil menimbah ilmu keuangan baru.

Podcast ini dapat diakses dan didengarkan dari Spotify, Apple Podcast, dan juga Youtube.

Podcast Keuangan untuk Membantu Keuangan Anda

Kami harap daftar podcast keuangan terbaik ini bermanfaat bagi Anda. Kami menghabiskan cukup banyak waktu untuk menyusunnya dan akan terus memperbaruinya seiring berjalannya waktu.

Mendengarkan podcast keuangan setiap hari benar-benar dapat membuat Anda lebih sadar akan pilihan keuangan harian Anda. Berinvestasi lebih cerdas, beli lebih sadar, dan hemat lebih banyak.

Kami ingin tahu bagaimana podcast Indonesia mempengaruhi keputusan keuangan pribadi Anda. Jika Anda adalah pendengar setia podcast atau memiliki podcast favorit lainnya, silakan tinggalkan komentar di bawah ini.

Dimana Investasi Yang Menguntungkan?

Berikut beberapa rekomendasi platform investasi teregulasi dan terpercaya:

PlatformMinimum DepositSpreadLeverageBiaya Penarikan DanaPlatform Trading  Regulasi
#1Logo Exness$100.1 pips1:2000Tidak adaAplikasi Exness, MT4, dan MT5  CBCS, CySEC, FCA, FSA, FSC, FSCA, CMABuat Akun
#2Logo OctafxRp400,0000.6 pips1:500Tidak adaAplikasi OctaTrader, MT4, dan MT5CySEC dan FSCABuat Akun
#3Logo fxpro$500 pips1:300Tidak adaFxPro Edge, MT4, MT5, dan cTrader.CySEC, FSCA, FCA, dan SCBBuat Akun
#4Logo XM Global$50.7 pips1:1000Tidak adaAplikasi XM, MT4, dan MT5  FSC, CySec, ASIC, FCA, DFSABuat Akun
#5FBS Indonesia$50.7 pips1:3000Tidak adaAplikasi FBS trader, MT4 dan MT5ASIC, CySEC, IFCA, FSCABuat Akun
#6Logo FXGT.com$50 pips1:1000Tidak adaMT4, MT5, dan WebtraderFSCA, FSA, VFSC, dan CySEC untuk trader institusionalBuat Akun
#7Logo markets.com$200.1 pips1:300Tidak adaAplikasi Markets.com, MT4, MT5, dan Webtrader  ASIC, CySEC, FSCA, FCA, FSA, dan FSC GlobalBuat Akun
#8MIFXRp400,0000.2 pips1:100Tidak adaAplikasi MIFX, MT4, dan MT5BAPPEBTIBuat Akun
#9Logo Mitrade - Financer.com$500.04 pips1:200Tidak adaAplikasi MitradeASIC dan CIMABuat Akun
#10HSB$2001.4 pips1:200Tidak adaAplikasi HSB Investasi dan MT5BAPPEBTIBuat Akun
#11DCFX$2001.2 pips1:100Tidak ada, minimum dana ditarik $10Aplikasi DCFX, MT4, dan WebtraderBAPPEBTIBuat Akun

Demikian informasi seputar Podcast Keuangan Terbaik di Indonesia 2024 . Jika Anda ingin investasi forex, saham, kripto, dan lainnya, Anda bisa buka akun broker terlebih dahulu.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu?

Jadilah yang pertama memberi penilaian

Penulis Mentari Rahman

Mentari Rahman adalah Country Manager Financer Indonesia sejak 2018, dan memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di sektor keuangan. Selama karirnya, ia telah menulis lebih dari 200 artikel seputar keuangan, meliputi pinjaman, investasi, dan keuangan pribadi.

Bagikan di
Read Icon 549 baca

Jelajahi topik kami

Dengan menggunakan Financer.com, Anda telah berdonasi ke badan amal internasional.  Pelajari lebih lanjut

Kami menggunakan cookie untuk menawarkan Anda pengalaman terbaik. Dengan menggunakan situs web kami, Anda menerima semua cookie kami dan kebijakan privasi kami. Anda juga dapat mempelajari lebih lanjut.