Investasi Bodong

Investasi Bodong – Penjelasan Lengkap dan Cara Menghindarinya!

  • 10 September 2024
  • 5 menit baca
  • Read Icon 579 baca

Akhir-akhir ini, banyak orang yang menjadi korban investasi bodong. Salah satunya adalah teman saya yang kehilangan uang sebesar Rp1 Miliar karena terjebak investasi di platform forex abal-abal.

Oleh karena itu, Financer.id hadir untuk memberikan informasi lengkap dan akurat seputar investasi agar Anda tidak mengalami kejadian buruk yang menimpa teman saya.

Namun, sebelum kami mengulas lebih lengkap, yuk kita pelajari apa itu investasi bodong dan ciri-cirinya di bawah ini.

Apa Itu Investasi Bodong?

Menurut Kementerian Koperasi, investasi bodong adalah suatu bentuk investasi dimana investor memberi sejumlah dana agar dikelola dan diputar oleh perusahaan investasi untuk mendapatkan keuntungan tetapi perusahaan investasi tidak mengelola dana tersebut.

Biasanya uang tersebut diputar kembali untuk diberikan ke investor lain atau membawa kabur uang tersebut. Investasi abal-abal ini biasanya menawarkan iming-iming keuntungan dalam waktu singkat.

Di artikel ini, kami menyajikan beberapa ciri ciri investasi bodong dan beberapa tips tentang cara menghindari penipuan.

Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari kejadian buruk dan bisa menentukan jenis investasi yang aman dan menguntungkan untuk Anda.

Ciri Ciri Investasi Bodong

Oknum Mempromosikan Produk Investasi Secara Berlebihan

Ciri pertama investasi bodong, yaitu oknum penipu mempromosikan produk investasi secara berlebihan.

Hal ini bertujuan agar mereka mendapatkan anggota baru (member) dengan cepat. Iklan yang dipasang biasanya sangat bombastis, seperti cepat kaya dalam waktu singkat.

Pada kasus MeMiles, mereka memanfaatkan testimoni beberapa artis dan selebriti Indonesia yang telah lebih dulu bergabung menjadi anggota.

Jika oknum yang mengajak atau memiliki bisnis investasi ini melakukan promosi terlalu bombastis, Anda patut curiga.

Apabila perusahaan investasi tersebut benar-benar kredibel, mereka bahkan tidak perlu membuat iklan secara berlebihan karena sudah pasti orang-orang akan berebut untuk menjadi anggota mereka.

Dari segi setoran, oknum yang mengajak Anda berinvestasi umumnya mengatakan bahwa Anda dapat berinvestasi dengan modal kecil saja. Pada kasus MeMiles, orang-orang bahkan hanya berinvestasi Rp300,000 saja.

Sayangnya, kebanyakan dari kita merasa lebih mudah mengeluarkan uang dalam nominal kecil secara rutin daripada sekali tetapi banyak. Nominal kecil ini pun patut diwaspadai karena bisa saja Anda hanya kena tipu.

Tawaran Uang Kembali Dengan Cepat Dalam Jumlah Besar

Selain setoran yang kecil, investasi bodong pasti menawarkan keuntungan yang besar tetapi cepat. Padahal, uang yang disebut sebagai keuntungan tersebut hanya milik anggota lain.

MeMiles juga melakukan hal yang serupa. Ia menawarkan keuntungan besar dan cepat, sehingga banyak orang tertipu karena ingin sesuatu yang mudah.

Cara Menghindari Investasi Bodong

1. Cari Informasi Sebanyak Mungkin

Langkah pertama yang harus diambil sebelum memilih produk investasi, yaitu cari informasi sebanyak mungkin.

Pastikan Anda benar-benar mengenal produk investasi yang diinginkan, sehingga tidak akan salah pilih.

Informasi bisa Anda dapatkan dari mana saja. Financer merupakan sumber paling gampang diakses dan gratis pula.

Kenalan atau teman yang ahli investasi tentu juga bisa memberikan tambahan informasi mengenai produk dan perusahaan investasi tertentu.

Dengan begitu, Anda pun bisa memetakan keuntungan serta kerugian jika menggunakan suatu produk investasi.

2. Pastikan Perusahaan Investasi Kredibel

Setelah yakin terhadap informasi produk investasi tertentu, langkah selanjutnya adalah pastikan perusahaan investasi kredibel.

Cek ulang apakah perusahaan investasi tersebut terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia, atau lembaga keuangan resmi di luar negeri.

Jika tidak terdaftar di OJK, Bank Indonesia, atau lembaga keuangan resmi di luar negeri, tentu saja perusahaan tersebut ilegal.

Carilah testimoni dari nasabah lama maupun yang baru. Selain itu, berapa lama perusahaan tersebut beroperasi pun bisa jadi pertimbangan.

3. Sesuaikan Dengan Rencana Keuangan

Ketika sudah melakukan dua langkah sebelumnya, kini tinggal satu langkah lagi. Pilih produk dan perusahaan investasi yang sesuai dengan rencana keuangan Anda.

Jangan sampai, manajemen keuangan Anda berantakan karena ternyata Anda berinvestasi dengan ceroboh.

Misalnya, Anda tertarik untuk melakukan investasi berupa properti. Sayangnya, investasi properti membutuhkan modal yang cukup besar dan perputarannya lambat.

Jika Anda tidak mampu, alangkah lebih baiknya memilih investasi cryptocurrency atau saham.

Mengapa? Investasi mata uang kripto atau saham juga merupakan investasi jangka panjang yang perputarannya uangnya lumayan cepat.

Namun, dari segi modal lebih ringan dibandingkan investasi properti. Itulah beberapa cara menghindari investasi bodong.

Jenis Investasi Yang Aman dan Menguntungkan

Jika Anda ingin belajar tentang jenis investasi yang aman dan menguntungkan, Financer memiliki banyak informasi dan artikel tentang topik ini. Berikut beberapa di antaranya:

Kesimpulan Investasi Bodong

Di artikel ini, kami menjelaskan beberapa karakteristik penipuan investasi dan tipsmenghindari investasi bodong.

Semoga Anda bisa tahu apa yang harus dilakukan agar tidak rugi dan kehilangan uang dalam skema penipuan seperti ini.

Selain itu, untuk menghindari penipuan investasi,kami menyarankan Anda membaca artikel seputar investasi yang telah dirilis di Financer.

Semoga bermanfaat dan selamat berinvestasi!

Apakah artikel ini membantu?

4 dari 4 membantu

Sumber
Penulis Mentari Rahman

Mentari Rahman adalah Country Manager Financer Indonesia sejak 2018, dan memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di sektor keuangan. Selama karirnya, ia telah menulis lebih dari 200 artikel seputar keuangan, meliputi pinjaman, investasi, dan keuangan pribadi.

Bagikan di
Read Icon 579 baca

Jelajahi topik kami

Dengan menggunakan Financer.com, Anda telah berdonasi ke badan amal internasional.  Pelajari lebih lanjut

Kami menggunakan cookie untuk menawarkan Anda pengalaman terbaik. Dengan menggunakan situs web kami, Anda menerima semua cookie kami dan kebijakan privasi kami. Anda juga dapat mempelajari lebih lanjut.