Rp56.404.593
Kapitalisasi Pasar
Rp6.781.967.351.749.824
17.03% pasar kripto
Volume (24 jam)
Rp160.157.464.743.831
2.839.440 ETH
Pasokan yang beredar
120.191.423 ETH
0%
Perubahan harga (1 jam)
-0.02%
Perubahan harga (24 jam)
-0.29%
Perubahan harga (7 hari)
1.87%

Grafik Ethereum ke IDR

1 Jam 1 Hari 1 Minggu 1 Bulan 6 Bulan Semua

Kalkulator Ethereum ke IDR

Ethereum
ETH
Ethereum
Converter
Rp
IDR
Indonesian rupiah
Bagaimana menurut Anda tentang Ethereum hari ini?
Pilih untuk melihat hasil penilaian
Bagus
Buruk
Komitmen Kami pada Keterbukaan Informasi
Di Financer.id, kami berkomitmen membantu Anda dengan memberikan informasi terbaru seputar keuangan. Semua konten dibuat berdasarkan Pedoman Editorial. Kami terbuka menginformasikan cara review produk dan layanan di halaman Proses Review dan cara kami menghasilkan uang di Kebijakan Iklan.

Data Harga Ethereum

Harga Ethereum hari ini adalah Rp56.404.593 dengan volume perdagangan 24 jam Rp160.157.464.743.831.

Kami memperbarui harga ETH menjadi IDR pada waktu sekarang. Harga Ethereum telah berubah -0.29% dalam 24 jam terakhir.

Saat ini, Ethereum adalah mata uang kripto terbesar #2 berdasarkan kapitalisasi pasar, dengan kapitalisasi pasar global sebesar Rp6.781.967.351.749.824,00. Koin ini telah beredar sebesar 120.191.423 ETH tetapi persediaan maksimum tidak tersedia.

Lihat di mana beli Ethereum atau gunakan Kalkulator Ethereum kami untuk menghitung dan memantau kinerja investasi Anda.


Ethereum
Ethereum

Apa itu Ethereum?

Ethereum adalah mata uang kripto dan platform blockchain yang memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi terdesentralisasi (DApps) dan kontrak pintar.

Kontrak pintar adalah kontrak yang dapat dieksekusi sendiri yang secara otomatis dapat mengeksekusi ketentuan kontrak.

Platform Ethereum memungkinkan para pengembang untuk membuat kontrak pintar yang dapat memproses transaksi keuangan yang rumit, dll.

Intinya, Ethereum adalah cryptocurrency terdesentralisasi, artinya tidak ada otoritas pusat yang mengendalikannya.

Sebaliknya, jaringan di sekitar Ethereum dikelola oleh jaringan raksasa yang bekerja sama untuk memvalidasi transaksi dan memastikan integritas jaringan.

Kata kunci untuk Ethereum

Ethereum dapat dijelaskan dengan beberapa kata kunci. Informasi di bawah ini dapat membantu Anda untuk lebih memahami Ethereum dan fungsinya.

Beberapa kata kunci utama yang terkait dengan Ethereum, antara lain:

  • Desentralisasi: Ethereum adalah platform terdesentralisasi, artinya tidak ada otoritas pusat yang mengendalikannya. Sebaliknya, jaringan ini dikelola oleh jaringan node yang bekerja sama untuk memvalidasi transaksi dan memastikan integritas jaringan
  • Kontrak pintar: Kontrak pintar adalah kontrak yang dapat dijalankan sendiri yang dapat secara otomatis menjalankan ketentuan-ketentuan kontrak. Platform Ethereum memungkinkan para pengembang untuk membuat kontrak pintar yang dapat menangani transaksi keuangan yang rumit, dll.
  • Ether: Adalah nama koin kripto yang digunakan pada platform Ethereum. Ether digunakan untuk membayar transaksi di jaringan dan juga dapat digunakan untuk membayar pemeliharaan jaringan
  • Gas: Satuan ukuran yang digunakan untuk menentukan biaya transaksi di jaringan Ethereum. Ini juga menjadi batu sandungan terbesar bagi Ethereum, tetapi dengan pembaruan besar pada tahun 2022, yang disebut “The Merge”, biayanya telah berkurang secara signifikan
  • DApps: Aplikasi terdesentralisasi (DApps) adalah aplikasi yang dibangun di atas platform Ethereum. DApps dirancang untuk terdesentralisasi, jadi tidak ada otoritas pusat yang mengontrol aplikasi
  • Peningkatan ke masa depan: Pada tahun 2022, Ethereum menyelesaikan perubahan yang telah lama ditunggu-tunggu ke proof-of-stake. Proses peningkatan ini lebih dikenal sebagai “The Merge”, telah berlangsung selama beberapa tahun. Menurut Ethereum, transisi ini mengurangi konsumsi energi Ethereum sebesar 99,95%.

Apa yang menentukan harga Ethereum?

Harga Ethereum ditentukan oleh beberapa faktor:

  • Penawaran dan permintaan:

    Ini adalah salah satu faktor terpenting untuk kripto ini. Jika ada permintaan yang tinggi untuk Ethereum dan persediannya terbatas, harga Ethereum akan naik.

    Sebaliknya, jika permintaan Ethereum rendah dan penawaran tinggi, maka harga Ethereum akan turun.

  • Sentimen pasar secara umum:

    Pasar mata uang kripto sangat fluktuatif dan dapat dipengaruhi oleh berita dan peristiwa ekonomi umum.

    Berita dan peristiwa positif, seperti kerjasama dengan perusahaan besar atau peluncuran DApps baru, dapat meningkatkan harga Ethereum.

    Di sisi lain, harga Ethereum dapat turun jika ada berita negatif: misalnya, jika ada perubahan dalam undang-undang atau beberapa platform utama memiliki masalah keamanan.

  • Teknologi Ethereum:

    Teknologi dibalik Ethereum juga dapat memengaruhi harga ETH ke IDR.

    Jika pengembang membangun DApps dan kontrak pintar yang inovatif di platform Ethereum, ini dapat meningkatkan permintaan untuk Ethereum, dan pada gilirannya meningkatkan harganya.

    Namun, jika ada masalah dengan teknologi, seperti masalah skalabilitas atau keamanan, hal ini dapat menurunkan harga Ethereum.

  • Optimisme investor:

    Jika investor percaya pada masa depan Ethereum, mereka akan membeli dan menyimpan koin ETH, dan harga akan naik (semakin banyak investor menunjukkan dukungan mereka, semakin tinggi harganya).

    Jika investor tidak percaya pada potensi Ethereum saat ini dan percaya akan kehilangan nilainya dari waktu ke waktu, mereka dapat menjual koinnya yang menyebabkan penurunan harga.

Prediksi harga Ethereum 2024

Harga semua cryptocurrency dapat berfluktuasi secara signifikan karena sejumlah alasan: kondisi pasar secara umum, perubahan undang-undang, perkembangan teknologi, dll.

Anda dapat google “prediksi harga ethereum” dan menemukan banyak informasi, tetapi prediksi harga apa pun harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak boleh dianggap sebagai saran investasi.

Banyak ahli dan analis optimis tentang harga Ethereum hari ini dan percaya bahwa harganya akan naik di tahun-tahun mendatang. 

Secara historis juga, Ethereum telah menjadi investasi yang relatif bagus, masih menjadi cryptocurrency paling populer setelah Bitcoin.

Di sini kami menampilkan prediksi harga Ethereum yang dibuat oleh beberapa pakar crypto:

TahunHarga minimalHarga maksimumSumber
2023$2.224,29$2.567,19Changely.com
2024$3.346,63$3.968,11Changely.com
2025$4.633,68$5.643,60Changely.com
2023$1.528,88$2.293,31AMBCripto
2024$1.671,46$2.507,20AMBCripto
2025$2.206,33$3.309,50AMBCripto

Dalam 10 tahun, beberapa analis berpikir bahwa harga ETH pada akhirnya akan menjadi sekitar $40.000 – $60.000.

Pada saat yang sama, kita tidak bisa melupakan pesaing berat Ethereum. Beberapa di antaranya misalnya Solana (SOL ) dan Polkadot (DOT ) , yang juga telah menciptakan banyak nilai tambah dan mulai menarik penggemar crypto menjauh dari ETH.

Anda dapat percaya bahwa Ethereum memiliki tempat tertentu di dunia crypto, tetapi seberapa besar kenaikan harganya tergantung pada banyak faktor, termasuk bagaimana pencipta Ether dapat mengikuti perkembangan zaman.

Jika Ethereum dapat terus memberikan nilai, kemungkinan prediksi harga di atas dapat menjadi kenyataan sampai batas tertentu (walaupun menurut kami harga tidak akan terlalu jauh dalam 10 tahun).

Perkembangan harga Ethereum

Berikut beberapa perkembangan harga terbesar Ethereum selama bertahun-tahun:

  • 2015: Ethereum diluncurkan dan kemudian diperdagangkan dengan harga $0,75
  • Maret 2016: Ethereum mengalami kenaikan harga besar pertamanya, diperdagangkan pada harga $15
  • 2017: Ethereum mencapai rekor tertinggi $396 untuk pertama kalinya, didorong oleh booming ICO dan meningkatnya minat terhadap aplikasi terdesentralisasi
  • Desember 2020: Ethereum mengakhiri tahun ini dengan harga $737, meningkat lebih dari 300% dari awal tahun.
  • November 2021: Ethereum mencapai level tertinggi baru di $4.635. Ini adalah harga tertinggi untuk Ethereum hingga saat ini.
  • Juni 2021: Harga Ethereum turun tiba-tiba, harga turun dari $3.500 menjadi $1.060 dalam 2 bulan.
  • Desember 2022: Harga Ethereum mengakhiri tahun di $1.200.

Penting untuk diingat bahwa perubahan harga Ethereum di masa lalu sama sekali tidak menunjukkan harga di masa depan. Sebelum membeli Ethereum, Anda harus menganalisis sendiri situasinya dengan benar dan mempertimbangkan risikonya.

Apa yang membuat Ethereum istimewa?

Ethereum istimewa dalam banyak hal. Salah satu perbedaan terbesar adalah kenyataan Ethereum dirancang untuk menjadi lebih dari sekedar cryptocurrency.

Ethereum adalah sebuah platform tempat pengembang dapat membangun aplikasi terdesentralisasi dan kontrak pintar.

Ini artinya Ethereum dapat digunakan untuk banyak tujuan, tidak seperti mata uang kripto lainnya, yang hanya bisa digunakan sebagai penyimpan nilai atau alat pembayaran.

Kontrak pintar juga merupakan salah satu fitur unik Ethereum yang memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi yang dapat secara otomatis memproses bahkan menangani transaksi keuangan yang kompleks.

Karena itu, Ethereum dapat digunakan untuk membangun aplikasi keuangan yang lebih canggih dan tidak dapat ditandingi oleh blockchain lainnya.

ETH

Cara kerja Ethereum?

Ethereum bekerja melalui jaringan “node” yang terdesentralisasi, yaitu komputer yang menjalankan perangkat lunak Ethereum dan memelihara salinan blockchain Ethereum.

Node-node ini berkomunikasi satu sama lain untuk memvalidasi transaksi dan menjaga integritas blockchain.

Pada intinya, Ethereum menggunakan sistem kontrak pintar, yaitu program yang dapat berjalan sendiri dan secara otomatis menegakkan ketentuan-ketentuan perjanjian.

Kontrak pintar ditulis dalam bahasa pemrograman yang disebut “Solidity” dan kemudian disimpan di blockchain Ethereum.

Ketika pengguna memulai transaksi di jaringan Ethereum, kode kontrak pintar dijalankan dan transaksi divalidasi oleh jaringan node.

Proof of Work (PoW) dan Proof of Stake (PoS)

Perbedaan antara sistem PoW dan PoS adalah bagaimana transaksi divalidasi dan blok baru dibuat di blockchain. 

  • Sistem Proof of Work menggunakan penambang (menggunakan komputer sendiri) untuk memecahkan masalah matematika yang kompleks. Beginilah cara blok baru dibuat dan membuat jaringan lebih aman.
  • Dalam kasus Proof of Stake, investor harus menyimpan sejumlah mata uang kripto yang sesuai dan memberikannya sebagai jaminan untuk mengkonfirmasi transaksi.

Proof of Stake umumnya merupakan pilihan yang lebih baik dan lebih ramah lingkungan karena tidak membutuhkan banyak energi. Ethereum beralih ke sistem Proof of Stake pada tahun 2022.

Persediaan maksimum Ethereum

Pada bulan Maret 2023, total persediaan Ethereum mencapai 122 juta Ether.

Tidak seperti Bitcoin, kepemilikan maksimum Ethereum tidak ditetapkan pada saat peluncuran.

Bitcoin berusaha mempertahankan nilainya dengan membatasi persediaan dan secara perlahan mengurangi jumlah koin baru yang dirilis.

Ethereum berfokus untuk mendukung pembuatan aplikasi terdesentralisasi, jadi fokus utamanya bukanlah untuk berfluktuasi harga koin dengan mengubah kuantitas.

Berapa lama untuk menambang blok Ethereum baru?

Transaksi maksimum per detik yang mungkin terjadi ketika menggunakan Proof of Stake (PoS) di Ethereum masih diteliti dan dikembangkan sebagai bagian dari Ethereum 2.0.

Melalui penggunaan Proof of Stake, Ethereum telah meningkatkan kapasitas pemrosesan transaksinya, mengurangi beban jaringan, dan menurunkan biaya transaksinya.

Untuk apa Ethereum digunakan?

Sementara kontrak normal dibuat oleh pihak ketiga seperti pengacara, kontrak pintar mengeksekusi sendiri dan memenuhi persyaratan secara otomatis.

Ini adalah alternatif yang jauh lebih murah dan lebih efisien karena tidak diperlukan tautan perantara. Ini juga lebih aman karena tidak ada ruang untuk kesalahan manusia.

Selain smart contract, Ethereum mendukung pembuatan aplikasi terdesentralisasi. DApps dapat digunakan dalam banyak cara, mulai dari aplikasi keuangan hingga halaman e-commerce atau media sosial.

Berikut beberapa cara Ethereum dapat digunakan di dunia nyata saat ini :

  • Solusi Keuangan Terdesentralisasi (DeFi) : Ethereum adalah platform terdepan untuk aplikasi DeFi, membuka dunia layanan keuangan kepada pengguna tanpa memerlukan bank. Aplikasi DeFi mencakup platform terdesentralisasi seperti UniSwap dan MarkerDAO.

  • NFT : Ethereum adalah platform terkemuka untuk NFT. NFT adalah aset digital unik yang dapat digunakan untuk menampilkan karya seni, misalnya. Beberapa platform Ethereum NFT adalah OpenSea dan SuperRare.

  • Dunia Game : Ethereum juga digunakan untuk membuat aplikasi game terdesentralisasi, yang memungkinkan pemain memperdagangkan dana dalam game. Salah satu contohnya adalah Decentraland , dunia virtual tempat pengguna dapat memperdagangkan tanah dan aset virtual.

Apa yang membuat Ethereum unik?

Ethereum unik dalam beberapa hal, dan ada beberapa parameter yang membedakan Ethereum dari mata uang kripto lainnya:

Apakah Ethereum aman?

Seperti koin kripto lainnya, Ethereum tidak kebal terhadap risiko keamanan. Akan tetapi, struktur dan desain Ethereum membuatnya lebih aman dibandingkan mata uang kripto lainnya.

Penggunaan smart contract dan DApps oleh Ethereum memperkenalkan serangkaian risiko keamanan baru, karena aplikasi ini mungkin rentan dieksploitasi oleh peretas.

Namun, Ethereum memiliki komunitas pengembang yang kuat yang terus bekerja untuk mengidentifikasi dan memperbaiki risiko keamanan.

Perpindahan Ethereum ke Proof of Stake juga telah membuat jaringan menjadi lebih aman, dan diyakini bahwa risiko peretasan kini telah berkurang hingga 50% berkat perubahan ini.

Siapa pendiri Ethereum?

Vitalik Buterin
Vitalik Buterin – Pendiri Ethereum

Ethereum didirikan oleh Vitalik Buterin, seorang programmer Rusia-Kanada, pada tahun 2015.

Vitalik sebelumnya aktif dalam komunitas Bitcoin dan tertarik untuk menciptakan platform blockchain yang lebih serbaguna yang dapat mendukung lebih banyak aplikasi.

Sejak didirikan, Ethereum telah berkembang menjadi salah satu platform blockchain terbesar di dunia dengan komunitas pengembang yang dinamis dan beragam penggunaan.

Ethereum dikelola dan dikembangkan oleh komunitas pengembang, peneliti, dan pengguna yang terdesentralisasi.

Ethereum Foundation adalah organisasi nirlaba yang mendukung pengembangan platform Ethereum dan ekosistemnya, tetapi tidak memiliki kendali langsung atas jaringan.

Komunitas Ethereum terdiri dari para pengembang dari seluruh dunia yang berkontribusi pada pengembangan fondasi platform, membangun aplikasi terdesentralisasi di atas Ethereum, dan bekerja untuk meningkatkan skalabilitas, keamanan, dan kegunaan platform.

Kelebihan dan Kekurangan Ethereum

    Kekurangan Ethereum

  • Cryptocurrency baru: Cryptocurrency baru muncul setiap saat, dan pertanyaannya adalah apakah Ethereum dapat mengimbangi teknologi dan proyek baru yang bermunculan setiap saat?

  • Kompleksitas: Fitur kontrak pintar Ethereum membuatnya lebih kompleks bagi pengembang dibandingkan dengan sistem tradisional.

  • Keamanan: Kontrak pintar di Ethereum rentan terhadap risiko keamanan seperti peretas dan eksploitasi. Hal ini dapat mengakibatkan kerugian finansial yang signifikan dan dapat membuat pengguna enggan menggunakan jaringan di masa depan.

  • Regulasi cryptocurrency di masa depan: Ethereum dan cryptocurrency lainnya masih berjalan dalam kegelapan karena sebagian besar negara belum mengeluarkan undang-undang khusus. Oleh karena itu, harga Ethereum juga dapat menderita di masa depan, tergantung pada undang-undang apa yang disahkan.

Apakah artikel ini membantu?

Jadilah yang pertama memberi penilaian

Mentari Rahman adalah Country Manager Financer Indonesia sejak 2018, dan memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di sektor keuangan. Selama karirnya, ia telah menulis lebih dari 200 artikel seputar keuangan, meliputi pinjaman, investasi, dan keuangan pribadi.

Bagikan di
Dengan menggunakan Financer.com, Anda telah berdonasi ke badan amal internasional.  Pelajari lebih lanjut

Kami menggunakan cookie untuk menawarkan Anda pengalaman terbaik. Dengan menggunakan situs web kami, Anda menerima semua cookie kami dan kebijakan privasi kami. Anda juga dapat mempelajari lebih lanjut.