Rp9.277.867
Kapitalisasi Pasar
Rp1.427.197.540.275.948
3.55% pasar kripto
Volume (24 jam)
Rp12.140.987.143.917
1.308.597 BNB
Pasokan yang beredar
153.856.150 BNB
76.93%
Perubahan harga (1 jam)
0.01%
Perubahan harga (24 jam)
-0.35%
Perubahan harga (7 hari)
7.88%

Grafik BNB ke IDR

1 Jam 1 Hari 1 Minggu 1 Bulan 6 Bulan Semua

Kalkulator BNB ke IDR

BNB
BNB
BNB
Converter
Rp
IDR
Indonesian rupiah
Bagaimana menurut Anda tentang BNB hari ini?
Pilih untuk melihat hasil penilaian
Bagus
Buruk
Komitmen Kami pada Keterbukaan Informasi
Di Financer.id, kami berkomitmen membantu Anda dengan memberikan informasi terbaru seputar keuangan. Semua konten dibuat berdasarkan Pedoman Editorial. Kami terbuka menginformasikan cara review produk dan layanan di halaman Proses Review dan cara kami menghasilkan uang di Kebijakan Iklan.

Data Harga BNB

Harga BNB hari ini adalah Rp9.277.867 dengan volume perdagangan 24 jam Rp12.140.987.143.917.

Kami memperbarui harga BNB menjadi IDR pada waktu sekarang. Harga BNB telah berubah -0.35% dalam 24 jam terakhir.

Saat ini, BNB adalah mata uang kripto terbesar #4 berdasarkan kapitalisasi pasar, dengan kapitalisasi pasar global sebesar Rp1.427.197.540.275.948,00. Koin ini telah beredar sebesar 153.856.150 BNB dan maksimum persediaan koin ini adalah 200.000.000.

Lihat di mana beli BNB atau gunakan Kalkulator BNB kami untuk menghitung dan memantau kinerja investasi Anda.


Apa itu BNB?

BNB adalah koin kripto resmi Binance, salah satu bursa kripto terbesar di dunia.

“Koin Binance” atau koin BNB diluncurkan di publik pada tahun 2017, hanya beberapa hari sebelum platform Binance mulai dibuka untuk umum. BNB diberikan pada awal rilis untuk menarik minat masyarakat untuk menggunakan bursa kripto ini. 

Meskipun BNB Binance awalnya dipahami sebagai permainan kata antara Binance dan Bitcoin, namun baru-baru ini artinya berubah menjadi “Bangun dan Bangun”.

Ini karena Binance BNB digunakan sebagai token untuk BNB Chain (sebelumnya Binance Smart Chain), jaringan Binance untuk membangun proyek DeFi, dan pengembangan berbasis blockchain lainnya.

Saat ini, koin BNB dapat bekerja di jaringan Ethereum menggunakan protokol ERC-20, tetapi juga BEP-2 di Binance Chain dan BEP-20 di Binance Smart Chain.

BNB adalah bagian yang sangat penting dari ekosistem Binance dan bahkan di luar platform, karena merupakan token yang diperdagangkan di bursa kripto lain.

Hari ini, BNB berada di perangkat ke 5 kripto teratas dengan kapitalisasi pasar terbesar, yang artinya investor memiliki banyak kepercayaan pada koin ini dan proyek Binance secara umum.

Awalnya, ada 200 juta pasokan BNB, tetapi pada tahun 2021 jumlah pasokannya dikurangi dengan dibakar. Saat ini, hanya ada lebih dari 150 juta koin beredar.

Dengan cara ini, ada peningkatan nilai harga yang akan membuatnya tetap di populer diantara cryptocurrency lainnya.

Binance

Karena pentingnya BNB terkait dengan Binance, ada baiknya mengetahui lebih banyak tentang platform ini terlebih dahulu.

Binance adalah bursa kripto paling populer di dunia berdasarkan volume perdagangan. Bursa pertukaran kripto ini didirikan pada tahun 2017 oleh Changpeng Zhao dan terdaftar di Kepulauan Cayman.

Seiring waktu, Binance pun mengembangkan ekosistem produk, seperti Trust Wallet (dompet kripto aman dan terdesentralisasi), teknologi blockchain BNB, dan stablecoin BUSD.

Apa yang menentukan harga BNB?

Ada beberapa faktor yang menentukan harga BNB sekarang. Jika Anda hanya melihat pasar dan melihat BNB sebagai aset crypto, maka kapitalisasi pasarlah yang menentukan harganya. Namun, ada faktor lain yang terbukti mempengaruhi nilainya:

  • Jumlah pengguna yang memiliki setidaknya sebagian kecil dari BNB.

  • Citra baik Binance.

  • Jadwal pembakaran koin BNB.

  • Popularitas dan dampak proyek DeFi yang dikembangkan di BNB Chain.

  • Tren umum pasar cryptocurrency.

  • Faktor regulasi seputar Binance dan industri cryptocurrency secara umum.

Prediksi Harga BNB

Menyusul skandal FTX, likuiditas Binance diuji. Banyak investor menjual cryptocurrency mereka atau menariknya dari bursa. Ini mempengaruhi harga BNB hari ini, tetapi dengan cepat berhasil pulih.

Kekuatan yang ditunjukkan oleh Binance dan analisis teknis grafik BNB menunjukkan ramalan yang menggembirakan terkait harganya.

Pada tahun 2025, harga BNB bisa menjadi sekitar $1,000 USD. Sementara pada tahun 2030 bisa tiga kali lipat atau bahkan lebih jika pertumbuhan yang ditunjukkannya sejak diluncurkan pada tahun 2017 terus berlanjut, terutama sejak akhir tahun 2020.

Prediksi harga apa pun harus disesuaikan dengan persepsi yang dimiliki pengguna tentang platform ini, serta adopsi cryptocurrency secara umum.

Sebelum melakukan investasi apa pun, alangkah baiknya melakukan analisis teknis harga, dan juga rutin membaca berita atau peristiwa yang akan mempengaruhi BNB di masa depan.

Perkembangan Harga

Grafik BNB ke IDR

1 Jam 1 Hari 1 Minggu 1 Bulan 6 Bulan Semua

Setelah diluncurkan pada tahun 2017 sebagai ICO 15 sen, BNB dengan cepat mencapai $10. Sebelum ledakan Bitcoin dan mata uang kripto lainnya pada akhir tahun 2020, harga BNB adalah $41,66.

Pada titik harga tertinggi hingga saat ini, harga BNB mencapai nilai $681 dolar AS. Pada akhir tahun 2021, harganya sangat dekat dengan level tertinggi sepanjang masa setelah turun ke harga $300 USD.

Pada pertengahan 2022, harganya berkisar sekitar $250 dan $350. Melampaui kisaran harga itu dapat membuat tren baru.

Bagaimana cara kerja BNB?

BNB adalah jantung dari BNB Chain yang terdiri dari dua jaringan blockchain yang bekerja secara paralel: BNB Beacon Chain dan BNB Smart Chain.

Yang pertama, BNB adalah token tata kelola dan koin pilihan untuk dipertaruhkan. Yang kedua, ini adalah mata uang transaksional untuk blockchain pembuatan kontrak pintar milik Binance sendiri.

Untuk mencapai fungsi ganda ini tanpa mengabaikan keamanannya, diputuskan bahwa BNB harus membedakan dirinya dari mata uang lain dalam hal protokolnya.

Pengembang mengambil protokol PoS atau Proof of Stake yang digunakan oleh Ethereum dan menggabungkannya dengan PoA atau Proof of Authority (bukti otoritas).

BNB menggunakan mekanisme konsensus PoSA atau Proof of Staked Authority, yang memungkinkan pembuatan blok dalam waktu yang lebih singkat dan dengan biaya yang lebih rendah, tanpa mengorbankan keamanan jaringan.

Selain itu, dalam layanan Binance sebagai bursa pertukaran kripto, BNB digunakan untuk membayar komisi perdagangan.

Rantai BNB

Binance tidak hanya terlibat dalam pembelian, penjualan, dan perdagangan mata uang kripto, tetapi juga mempromosikan inovasi melalui teknologi blockchain.

BNB Chain adalah evolusi dari Binance Chain dan Binance Smart Chain, dua proposal sebelumnya oleh Binance untuk membuat komunitas pengembang blockchain sendiri.

Pentingnya BNB dalam Binance berasal dari perannya dalam Rantai BNB, di mana BNB adalah mata uang pertukaran, juga sebagai “makanan” atau “bahan bakar” (mirip dengan gas di ETH) dan sebagai token tata kelola yang memainkan peranan dalam keputusan jaringan.

Rantai BNB terdiri dari dua bagian:

  • BNB Beacon Chain (sebelumnya Binance Chain) 
  • BNB Smart Chain atau BSC (sebelumnya Binance Smart Chain)

Artinya, pengembangan proyek DeFi dan Metaverse dimungkinkan menggunakan BNB Chain sebagai platform, dan oleh karena itu BNB sebagai alat pembayaran.

GameFi, SocialFi, Web3 dan NFT adalah jenis proyek yang dikembangkan di jaringan Binance.

Apa gunanya BNB?

Dengan semua yang kami jelaskan di atas, kami dapat menyimpulkan bahwa koin BNB memiliki tiga kegunaan, antara lain:

  • Instrumen investasi.

  • Token tata kelola pada rantai BNB.

  • Bahan bakar di BNB Chain.

Selain itu, Binance memiliki perjanjian dengan berbagai platform, sehingga mereka menerima token ini sebagai mata uang pembayaran. Beberapa platform tersebut adalah:

  • Belanja (Monetha, HTC)
  • Hiburan (Vibe, Axie Infinity, Decentraland)
  • Perjalanan udara (Trip.io, Travala.com)
  • Berbagai layanan (PureVPN, BitTorrent, Storm, Dent)
  • Keuangan (pinjaman dan investasi)

Siapa yang menciptakan BNB?

Menjadi mata uang kripto yang terkait dengan Binance, yang bertanggung jawab atas pengembangan dan pembuatannya adalah CEO-nya, yaitu Changpeng Zhao.

Zhao yang dikenal sebagai CZ oleh komunitas blockchain adalah warga negara China-Kanada dengan gelar Sarjana di bidang ilmu komputer.

Sebelum mendirikan Binance dan membuat cryptocurrency BNB, Zhao bekerja di Bloomberg Tradebook dan berpartisipasi dalam magang di Bursa Efek Tokyo.

Selain itu, ia mendirikan Fusion Systems, sebuah perusahaan dengan layanan perdagangan tradisional terbaik untuk pialang saham, sehingga ia memiliki pengalaman luas dalam perdagangan aset.

Changpeng Zhao, CEO Binance
Changpeng Zhao, Pendiri dan CEO Binance

Apa yang membuat BNB unik?

Koin yang disebut Binance memiliki banyak kelebihan untuk mendukung posisinya sebagai salah satu koin dengan kapitalisasi pasar tertinggi. Berikut alasannya:

  • Salah satu dari dua cryptocurrency resmi Binance.
  • Token dari blockchain Binance DeFi, BNB Chain.
  • Bekerja dalam tiga format berbeda (BNB BEP-2 di Binance Chain, BNB BEP-20 di Binance Smart Chain dan BNB ERC-20 di jaringan Ethereum).
  • Mendapatkan diskon 25% jika digunakan untuk membayar biaya perdagangan di Binance.
  • Mekanisme konsensus Proof-of-Stake and Authority (PoSA) yang unik.
  • Diterima untuk transaksi di dalam dan di luar bursa kripto.
  • Alat pembayaran yang diterima di industri perhotelan dan pariwisata.

Pertanyaan yang sering ditanyakan?

Bisakah Anda menambang koin BNB?

Tidak, koin kripto ini tidak memungkinkan untuk melakukan penambangan. Anda harus membeli BNB jika ingin berinvestasi atau memiliki koin ini.

Nyatanya, yang dilakukan pengembang koin ini justru sebaliknya, bukan “menciptakan” lebih banyak token, melainkan sengaja menghancurkannya dengan membakar BNB.

Apa itu pembakaran BNB?

Secara teknis dikenal sebagai “BNB auto-burn”, ini adalah proses untuk mengurangi jumlah koin yang beredar.

Awalnya, ada 200 juta BNB dibuat, tujuannya adalah untuk mengurangi 100 juta koin yang beredar. Saat ini, ada lebih dari 150 juta BNB yang beredar.

Ini adalah praktik yang membantu melawan inflasi dan berpotensi meningkatkan harga BNB dengan menciptakan kelangkaan. Saat ini, pasokan akan mencapai target sekitar tahun 2030.

Perlu dicatat bahwa hal ini adalah sesuatu yang dilakukan oleh banyak pengembang cryptocurrency lainnya. Misalnya, Ethereum mulai membakar porsi komisi dari transaksinya di fork 2021-nya.

Pembakaran dilakukan dengan dua cara:

  1. Melalui pembakaran terprogram triwulanan,
  2. Pada biaya BNB Smart Chain (sebelumnya Binance Smart Chain).

Mana yang lebih baik: Bitcoin atau BNB?

Tidak ada jawaban yang benar.

Bitcoin lebih berharga dan harganya semakin meningkat dari waktu ke waktu, sehingga dapat dianggap sebagai alat investasi yang lebih baik, terutama karena ini adalah proyek yang paling stabil.

Naik turunnya harga BNB dipengaruh salah satunya dari harga Bitcoin dan memiliki persentase keuntungan yang lebih tinggi belakangan ini. Selain itu, ini adalah mata uang dari bursa pertukaran dalam proyek yang dikembangkan dalam Binance, sehingga nilai dan kegunaannya terkait dengan bursa kripto ini.

Yang satu lebih baik dari yang lain tergantung pada tujuan Anda.

Apakah BNB sama dengan BUSD?

Tidak, keduanya adalah koin kripto yang berbeda, meskipun keduanya dibuat oleh Binance.

BUSD atau “Binance dollar” adalah stablecoin atau koin kripto dengan harga stabil. BUSD dikeluarkan oleh Paxos dan memiliki rasio 1:1 terhadap dolar AS. BUSD didukung dalam dolar AS, yang berarti bahwa untuk setiap BUSD yang beredar, ada satu dolar yang disimpan di bank Amerika.

Sementara, BNB atau “Binance Coin” adalah cryptocurrency dalam arti sebenarnya. BNB ditujukan sebagai penyimpan nilai atau aset digital, sehingga harganya bisa sangat bervariasi.

Dengan fiturnya ditambahkan ke Binance Smart Chain, sebuah proyek yang sekarang dikenal sebagai BNB Chain, ia mendapatkan lebih banyak kegunaan.

Meskipun BUSD ada di antara berbagai proyek DeFi seperti yang dikembangkan oleh BNB Chain.

BUSD berfungsi sebagai nilai referensi untuk dolar AS dan untuk melindungi dari ketidakstabilan dalam sistem crypto. Sedangkan BNB adalah token dari ekosistem pembangunan.

Potensi Risiko

Terlepas dari semua hal positif yang dijelaskan di atas, ada elemen yang dapat mengancam proyek dan mendorong harga BNB jauh di bawah nilai saat ini.

  • Ketidakpastian regulasi
  • Koin terpusat yang dikelola oleh Binance
  • Hubungan tingkat tinggi dengan proyek yang dibuat di BNB Chain

Seberapa aman BNB?

BNB adalah mata uang kripto yang dibuat oleh Binance untuk tujuan di luar penyimpan nilai atau kemungkinan investasi.

Koin Binance adalah bagian sentral dari perusahaan dan proyek yang dikembangkan di Binance. Dan pasar cryptocurrency ini telah membuktikan kekuatannya selama bertahun-tahun.

Selain itu, ia beroperasi dalam jaringan Ethereum dan juga jaringan blockchain milik Binance sendiri yang bersaing untuk menjadi yang paling aman dan stabil.

Penggunaan mekanisme PoSA atau (Proof of Staked Authority) terbukti berhasil, meningkatkan kecepatan tanpa meningkatkan serangan pada jaringan.

Dengan semua dukungan itu, BNB dianggap sebagai salah satu cryptocurrency teraman.

Faktanya, koin ini sangat populer, sehingga regulator Amerika Serikat mempertimbangkan untuk mengklasifikasikannya sebagai sekuritas.

Ini akan membawa tantangan baru untuk penggunaannya dalam jaringan blockchain, tetapi juga memuji kegunaan dan kinerjanya.

Beli BNB adalah salah satu keputusan terbaik jika Anda ingin berinvestasi dalam cryptocurrency dan harga BNB juga berpualang naik ke depannya.

Apakah artikel ini membantu?

Jadilah yang pertama memberi penilaian

Penulis Mentari Rahman

Mentari Rahman adalah Country Manager Financer Indonesia sejak 2018, dan memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di sektor keuangan. Selama karirnya, ia telah menulis lebih dari 200 artikel seputar keuangan, meliputi pinjaman, investasi, dan keuangan pribadi.

Bagikan di
Dengan menggunakan Financer.com, Anda telah berdonasi ke badan amal internasional.  Pelajari lebih lanjut

Kami menggunakan cookie untuk menawarkan Anda pengalaman terbaik. Dengan menggunakan situs web kami, Anda menerima semua cookie kami dan kebijakan privasi kami. Anda juga dapat mempelajari lebih lanjut.