Rp946.327.160
Kapitalisasi Pasar
Rp18.626.667.784.471.184
50.75% pasar kripto
Volume (24 jam)
Rp647.744.922.030.683
684.483 BTC
Pasokan yang beredar
19.719.437 BTC
93.9%
Perubahan harga (1 jam)
0.75%
Perubahan harga (24 jam)
-3.96%
Perubahan harga (7 hari)
-5.51%

Grafik Bitcoin ke IDR

1 Jam 1 Hari 1 Minggu 1 Bulan 6 Bulan Semua

Kalkulator Bitcoin ke IDR

Bitcoin
BTC
Bitcoin
Converter
Rp
IDR
Indonesian rupiah
Bagaimana menurut Anda tentang Bitcoin hari ini?
Pilih untuk melihat hasil penilaian
Bagus
Buruk
Komitmen Kami pada Keterbukaan Informasi
Di Financer.id, kami berkomitmen membantu Anda dengan memberikan informasi terbaru seputar keuangan. Semua konten dibuat berdasarkan Pedoman Editorial. Kami terbuka menginformasikan cara review produk dan layanan di halaman Proses Review dan cara kami menghasilkan uang di Kebijakan Iklan.

Data Harga Bitcoin

Harga Bitcoin hari ini adalah Rp946.327.160 dengan volume perdagangan 24 jam Rp647.744.922.030.683.

Kami memperbarui harga BTC menjadi IDR pada waktu sekarang. Harga Bitcoin telah berubah -3.96% dalam 24 jam terakhir.

Saat ini, Bitcoin adalah mata uang kripto terbesar #1 berdasarkan kapitalisasi pasar, dengan kapitalisasi pasar global sebesar Rp18.626.667.784.471.184,00. Koin ini telah beredar sebesar 19.719.437 BTC dan maksimum persediaan koin ini adalah 21.000.000.

Lihat di mana beli Bitcoin atau gunakan Kalkulator Bitcoin kami untuk menghitung dan memantau kinerja investasi Anda.


Apa itu Bitcoin?

Bitcoin adalah mata uang kripto pertama yang dibuat menggunakan sistem blockchain dan diciptakan oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto pada tahun 2009.

Salah satu perbedaan mata uang kripto dengan mata uang fiat adalah mata uang kripto tidak dimiliki dan dikontrol oleh pemerintah atau negara mana pun.

Artinya, mata uang kripto terdesentralisasi, karena tidak ada bank sentral, negara, atau pemerintah yang bertindak di atasnya.

Pengguna atau investor yang memiliki Bitcoin adalah orang yang mengontrol Bitcoin. Mereka yang memvalidasi semua transaksi melalui Cryptocurrency Exchange tanpa memerlukan lembaga atau negara mana pun.

Struktur dan sistem Bitcoin tidak memungkinkan untuk dimanipulasi nilainya. Setiap perubahan harus disetujui oleh komunitas pengguna atau investor.

Sejarah bitcoin - Financer

Siapa Yang Mengontrol Bitcoin?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tidak ada yang mengontrol Bitcoin.

Programmer dapat memperbaiki atau memperbarui perangkat lunak (software) yang digunakan tetapi tidak memiliki kekuatan untuk mengubah protokol.

Protokol merupakan aturan dasar yang memungkinkan komputer berbagi data, sehingga transaksi uang digital dapat dilakukan dengan aman di internet.

Kontrol transaksi dilakukan oleh pengguna sendiri karena teknologi blockchain Bitcoin mengharuskan untuk memvalidasi blok rantai dan keamanan transaksi.

Rantai blok tidak dapat diubah karena ada ribuan komputer di seluruh dunia, dan semua komputer tersebut harus menyetujui setiap perubahan kontrol aktual oleh pengguna koin Bitcoin.

Bagaimana Cara Kerja Bitcoin?

Teknologi blockchain atau rantai blok membantu mencegah transaksi tertentu, seperti transaksi ganda mata uang digital.

Artinya, pengguna Bitcoin tidak bisa melakukan transaksi yang sama menggunakan Bitcoin yang telah ditransaksikan.

Jaringan Bitcoin menggunakan sistem akuntansi publik di mana setiap pengguna menyimpan salinannya.

Setiap kali transaksi dilakukan, catatan transaksi akan tersimpan di komputer pengguna. Ini untuk menghindari transaksi ganda.

Apa Itu Blockchain?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Blockchain adalah teknologi di balik Bitcoin. Teknologi ini juga yang bertindak sebagai database dan cadangan.

Di dalam sistem keuangan tradisional, transaksi dipercayakan kepada pihak ketiga (baik itu rekening tabungan, kartu kredit, pinjaman, dan lain-lain.). Sedangkan di teknologi blokchain, pengguna sendirilah yang melakukannya.

Blockchain adalah buku kas online (ledger) yang dibagikan dan didistribusikan oleh banyak orang. Transaksinya hanya dapat divalidasi dan diperbarui oleh pengguna.

Rantai blok yang ditambahkan berisi informasi yang dapat diverifikasi dari semua transaksi yang telah dilakukan dalam histori Bitcoin.

Apakah Bitcoin Aman?

Bitcoin adalah alat pembayaran yang sepenuhnya aman, karena untuk menjalankan sistemnya diperlukan otorisasi dari sebagian besar pengguna.

Faktor lain yang membuat Bitcoin aman adalah cara mengaksesnya. Anda harus memiliki kunci pribadi (private key).

Apakah artikel ini membantu?

Jadilah yang pertama memberi penilaian

Mentari Rahman adalah Country Manager Financer Indonesia sejak 2018, dan memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di sektor keuangan. Selama karirnya, ia telah menulis lebih dari 200 artikel seputar keuangan, meliputi pinjaman, investasi, dan keuangan pribadi.

Bagikan di
Dengan menggunakan Financer.com, Anda telah berdonasi ke badan amal internasional.  Pelajari lebih lanjut

Kami menggunakan cookie untuk menawarkan Anda pengalaman terbaik. Dengan menggunakan situs web kami, Anda menerima semua cookie kami dan kebijakan privasi kami. Anda juga dapat mempelajari lebih lanjut.